Optimasi Campuran Carbopol 941 dan HPMC dalam Formulasi Sediaan Gel Ekstrak Daun Jambu Mete secara Simplex Lattice Design

Daun jambu mete berkhasiat sebagai antibakteri. Penggunaan daun jambu mete secara langsung dinilai kurang praktis, sehingga dibuat sediaan gel. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formula optimum gel ekstrak daun jambu mete dari campuran carbopol 941 dan HPMC dengan menggunakan metode simplex lattice design. Ekstrak daun jambu mete diperoleh dengan metode maserasi menggunakan etanol 70%. Ekstrak yang diperoleh diuapkan hingga diperoleh ekstrak kental. Formula gel optimum berdasarkan simplex lattice design dengan 2 komponen yaitu: carbopol 941(C) dan HPMC (H), menggunakan 3 formula yaitu: formula I (100% C: 0% H), formula II (50% C: 50% H) dan formula III (0% C: 100% H). Sifat fisik yang diamati adalah viskositas, daya lekat dan daya sebar, yang selanjutnya digunakan untuk membuat persamaan SLD. Persamaan tersebut digunakan untuk menentukan formula optimum gel ekstrak daun jambu mete dari respon total sifat fisik gel yang paling besar. Hasil formula optimum yang diperoleh dari persamaan simplex lattice design dibandingkan dengan hasil pengujian sesungguhnya dengan uji-t (T-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula optimum gel ekstrak daun jambu mete didapatkan pada campuran 60% carbopol 941 dan 40% HPMC. Hasil uji-t (T-test) viskositas, daya lekat dan daya sebar menunjukkan tidakberbeda signifikan antara prediksi dengan hasil percobaan sesungguhnya.

Kata kunci: Ekstrak daun jambu mete, carbopol 941, HPMC, simplex lattice design

File dapat di unduh di sini

 

Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini60
mod_vvisit_counterTotal277583

Who's Online

Kami memiliki 4 Tamu online